Rabu, 25 Dzulhijah 1442 H / 4 Agustus 2021

GOMBONG – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong (STIMUGO) merger dengan Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah telah resmi berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO).

Penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemendikbud Ristek dilakukan secara daring melalui video conference / zoom meeting / live streming youtube LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. Dalam surat keputusan sesuai dengan No.SK 312/E/0/2021 pada 5 Juli 2021 yang ditandatangi oleh Dirjen Dikti Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng diserahkan oleh Kepala LLDikti Wilayah VI Prof Dr Ir Muhammad Zainuri D.E.A. Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menyelenggarakan 2 Fakultas ; Pertama Fakultas Sains dan Ilmu Terapat terdapat Program Studi ; Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Pendidikan Profesi Ners, Kebidanan (D3), Kebidanan S1, Pendidikan Profesi Bidan, dan Farmasi (S1) dan Kedua Fakultas Ilmu Sosial : Hukum (S1) dan Manajemen (S1) dan kedepan akan ada tambahan Program Studi baru yaitu Bisnis Digital dan Pariwisata.

Turut hadir dalam acara tersebut, Prof H Lincolin Arsyad M.Sc.,Ph.D  (Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah), Pimpinan Wilayah Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Kebumen, Pimpinan Kecamatan Gombong dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah di Gombong.

Kepala LLDikti Wilayah VI Prof Dr Ir Muhammad Zainuri D.E.A memberikan pengarahan kepada Universitas Muhammadiyah Gombong tentunya sudah berubah untuk kedepan dapat segera menyelaraskan pengembangan sumber daya manusia dan dapat akreditasi kembali dalam kurun waktu 2 tahun.

■ Pengembangan Universitas

Dr.H.Fatah Widodo, Sp.M.,M.Kes selaku ketua Badan Pembina Harian mengharapkan setelah resmi menjadi UNIMUGO dapat segera menyesuaikan untuk dapat berprestasi di bidang akademik maupun non akademik baik nasional maupun internasional.

Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad M.Sc.,Ph.D turut serta mengingatkan kepada dua perguruan tinggi yang di merger harus bekerjasama dengan baik supaya dapat menjadi Universitas yang mampu bersaing dimasa mendatang.

Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Gombong melalui Dr.Hj..Herniyatun, M.Kep,Sp.Mat akan segera melakukan terobosan guna mensosialisasikan program studi baru yaitu Prodi Manajemen, Prodi Hukum dan Prodi Teknik Industri yang masih kita buka sampai 26 September 2021. Disamping itu, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para Dosen dan Tendik untuk bisa transfer keilmuwannya dari S1 ke S2 dan S3. Untuk sekarang ini ada 3 dosen yang sedang menempuh program doktoralnya antara lain, Nurlaila, M.Kep, Siti Muthoharoh,MPH dan Eka Novriana MPH di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan dua Tendik yaitu Aang Anwarudin, S.T dan Indar Budi Utami, S.E sedang menempuh Program Magister di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Sampai saat ini alhamdulillah pendaftaran sudah lebih dari 500 calon mahasiswa baru. Termasuk prodi baru sudah ada peminat di prodi S1 Hukum dan S1 Manajemen.

■ Statmen

Alhamdulillah yang tak terhingga di usia ke 27 tahun berawal dari Akper Muhammadiyah Gombong pada tahun 1994 berubah menjadi STIKes Muhammadiyah Gombong di tahun 2003 dan pada tahun 2021 berubah lagi menjadi “Universitas”  Tak mudah untuk berproses sampai saat ini, sehingga Kami (UNIMUGO) akan senantiasa mengupdate perkembangan pendidikan dan inovatif agar tetap bisa menjujung visi Unggul,Modern,Islami dan misi  Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Kesehatan Berbasis Riset dan Teknologi serta Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai Dakwah Islamiyah untuk Kemaslahatan Ummat.  Semoga dengan menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong kedepannya akan dapat memberikan manfaat bersama di bidang pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Gombong juga akan segera membangun Kampus II di jalan “Arumbinang Kebumen” pungkas Herniyatun.